Pengurus Pusat Hapkido Indonesia (PPHI) periode 2018-2022, di bawah kepemimpinan GBPH Prabumusumo, secara resmi dikukuhkan, lewat prosesi pelantikan yang berlangsung di Hotel Horison Ultima Riss Malioboro, Yogyakarta, Rabu (26/6/2019).

Kepengurusan baru ini dilantik langsung Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman.

Dalam kesempatan itu, ia mengaku kagum dengan perkembangan Hapkido di Indonesia, yang sangat pesat.

Hal tersebut, lanjutnya, menjadi kabar baik bagi dunia olahraga tanah air.

"Karena baru empat tahun di Indonesia, tapi sudah berkembang di 28 provinsi ya. Harapan saya, Hapkido tidak hanya mengejar prestasi, tapi sekaligus menjadi kegemaran bagi generasi muda, untuk membangun karakter kuat, kokoh dan berani," katanya.

Sebagai anggota baru KONI Pusat, Tono mengatakan, perkembangan Hapkido bakal semakin cepat, karena KONI provinsi bertanggungjawab pada kehadiran bela diri asal Korea tersebut.

Oleh sebab itu, ia berharap, Hapkido bisa mencetak banyak pelatih unggul.

"Ya, kuncinya kan di pelatih, semakin banyak pelatih, maka dengan sendirinya Hapkido akan berkembang secara merata di Indonesia," cetusnya.

Purnawirawan TNI Angkatan Darat (AD) tersebut juga menyinggung soal peluang diikutsertakannya Hapkido dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020.

Menurutnya, peluang itu masih terbuka lebar, meski hanya dipertandingkan dengan status eksibisi.

"Karena masih anggota baru ya, paling bisa eksibisi, tinggal kita harus membantu, tempatnya nanti dimana. Sebab, PON besok itu kan ada di lima kabupaten dan cukup jauh jarak-jaraknya," tandas Tono.

Terpisah, Ketua Umum PPHI, GBPH Prabukusumo berharap, dengan dikukuhkannya pengurus baru ini, para atlet, serta pelatih Hapkido di seluruh Indonesia, semakin bersemangat dalam mengasah kemampuan.

Sehingga, torehan prestasi dapat lebih baik lagi.

"Saat ini kita sudah mencetak 264 pelatih. Kita juga baru saja menggelar Short Course untuk cetak pelatih. Dengan tambahnya pelatih-pelatih baru ini, kami ingin perkembangan di setiap provinsi, kota dan kabupaten, bisa semakin cepat," pungkasnya.



Sumber: Tribunjogja.com,
https://jogja.tribunnews.com/2019/06/26/pengurus-pusat-hapkido-indonesia-periode-2018-2022-resmi-dikukuhkan.