Optimis Cabang olahraga Hapkido bisa diterima di masyarakat Jawa Barat, dimana cabor asal Korea ini terbilang lengkap ada, tendangan, pukulan, kuncian, tangan kosong, dan tehnik permainan senjata. Hal tersebut diutarakan pendiri Hapkido di Indonesia Vincentius Yoyok Suryadi, pada saat short couse Hapkido di Hotel Mutiara Bandung, Jln Kebon Kawung, Minggu (14/1/2018) malam.

“Kami sudah berdiri 4 tahun yang lalu dan hingga sekarang kami sudah memiliki 26 pengurus provinsi (Pengprov). Kami optimis bisa diterima karena Hapkido olahraga beladiri yang lengkap, ada tendangan, pukulan, kuncian, dan permainan senjata,” ungkap Yoyok sapaan Vincentinus, disela-sela short couse.
Oleh karena itu pihaknya mengadakan short couse di Jawa Barat (Jabar) ini tidak lain agar di Jabar ini segera dibentuk Pengprov Hapkido Jabar, dan berharap pada bulan September 2018 ini pihaknya akan menggelar Kejuaraan Nasional Hapkido ketiga.
“Sebelum Kejurnas Hapkido ke 3 di bulan September, Jabar sudah memiliki susunan pengurus Pengprov, di Jabar sendiri sudah ada beberapa daerah yang memiliki kepengurusan cabang seperti Bandung, Karawang, Bekasi, dan Bogor,” paparnya.
Pihaknya juga merasa optimis Hapkido di Jabar akan lebih berkembang lagi, apalagi potensi masyarakat di Jabar ini lebih baik.
“Jabar ini sebuah daerah yang memiliki potensi yang luar biasa, sehin gga Hapkido bisa lebih berkembang dan maju di Jabar,” jelas Yoyok.
Yoyok juga mengatakan pihaknya pada tahun ini juga akan mendaftarkan ke KONI Pusat dengan mempelihatkan kalau Hapkido ini sudah berjalan dan berkembang dan bahkan sudah menggelar Kejurnas sampai tiga kali.
“Pada Kejurnas nanti kita akan undang KONI Pusat untuk melihat secara langsung kalau Hapkindo sudah berkembang di Indonesia, sekaligus kami daftarkan sebagai anggota KONI,” ucapnya.
Sementara itu tokoh olahraga Jabar Ir R Darwin Suratman M,Si.AIFO mengatakan, pihaknya siap mengembangkan olahraga Hapkido ini aapalagi potensi yang dimiliki Jabar ini sangat besar.
“Pembinaan olahraga beladiri di Jabar ini berkembang pesat dan dengan kehadiran Hapkido optimis akan berkembang dan apalagi olahraga ini terbilang lengkap tehniknya,” jelasnya.
Darwin juga berharap di Jabar untuk segera dibentuk kepengurus Hapkido, apalagi dibeberapa daerah di Jabar sudah memiliki kepengurusan.

“Nanti saya akan berbicara dulu dengan anggota Hapkido di Jabar untuk pembentukan kepengurusan Pengprov Hapkido Jabar,” pungkasnya